Pages

Kamis, 28 Juli 2011

Memahami Fungsi Alternator

Sistem pengisian pada kendaraan mempunyai 3 rangkaian komponen penting yaitu Aki, Alternator dan Regulator. Alternator sendiri terdiri dari komponen-komponen seperti gabungan kutub magnet yang dinamakan rotor, yang didalamnya terdapat kumparan kawat magnet yang dinamakan stator.
Alternator mulai berfungsi untuk menghasilkan listrik/pembangkit listrik ketika mesin dihidupkan untuk disalurkan ke aki dengan mengkonversi / mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC. Sedangkan regulator punya fungsi sebagai alat pengatur dan pembatas voltase yang terdiri dari sebuah rangkaian dioda yang dinamakan rectifier serta dua kipas dalam (internal Fan) untuk menghasilkan sirkulasi udara.
Model Alternator
Model alternator untuk setiap jenis mobil itu berbeda-beda, tapi kebanyakan alternator mempunyai regulator yang berada didalamnya ( IC built In), namun untuk tipe yang lama mempunyai regulator diluar. Tidak seperti model yang lama, tipe yang punya IC bulit in ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan membuka tutup bagian atasnya.
Tipe lainnya adalah model pulley alternator yang diikat/dikencangkan ke bagian sumbu rotor. Alternator dengan tipe ini tidak mempunyai kipas luar yang menjadi bagian dari pulley-nya namun sudah mempunyai 2 kipas dalam untuk sirkulasi udara pendingin, tidak seperti jenis alternator lama yang menggunakan kipas luar untuk pendinginan.
Antara Aki dengan Alternator
Besaran daya yang terdapat alternator beragam, mulai dari yang paling kecil yang mempunyai daya 35 A hingga yang terbesar yang beredar dipasaran yaitu 220 A. Karena berfungsi sebagai pembangkit daya listrik ke aki, apabila ada penambahan perangkat atau aksesoris mobil yang membutuhkan beban listrik yang besar / banyak, cukup dengan mengganti alternatornya bukan aki. Karena bila memperbesar daya listrik di aki tapi penyaluran tenaganya lebih kecil, maka aki akan tetap tekor. Jadi makin besar beban listrik yang dipakai, makin besar juga daya dari alternator yang harus dipergunakan.
Perawatan Alternator
Tidak ada hal khusus untuk merawat alternator, tapi apabila ada kerusakan dapat dideteksi secara dini melalui konsol dashboard yang terdapat gambar aki, apabila berkedip-kedip berarti tidak ada pengisian ke aki dan bisa jadi terdapat kerusakan pada alternator selain dari aki-nya. Aki sendiri berhubungan langsung dengan dinamo starter. Selain itu juga, jangan menambah beban listrik yang berlebihan pada kendaraan, karena dapat memperpendek umur dari alternator ataupun umur dari aki.
Karena terdiri dari bermacam-macam komponen, maka apabila ada kerusakan pada salah satu komponennya masih bisa diperbaiki (rekondisi). “pengerjaan kerusakan dari alternator bisa mencapai 3-5 jam tergantung dari tingkat kesulitan kerusakan dari alternator” ungkap Atek, komandan dari Galeri Alternator yang terletak dibilangan H. Nawi, Jakarta Selatan ini.
Dengan sistem rekondisi, Atek dapat memperbaiki alternator tersebut asalkan dengan kondisi kerusakan yang kurang dari 50% atau tidak terlalu parah. Apabila kondisi kerusakan lebih dari 50%, lebih baik diganti dengan model baru. Untuk kisaran harga rekondisi di galeri Alternator sendiri harga dipatok mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, semua tergantung dari kondisi si alternator itu sendir

Spesifikasi Honda All New City

•December 5, 2008 • 1 Comment
Aerodinamis Eksterior & Grill Segi Enam
All New Honda City yang merupakan generasi paling anyar dari Honda City ini telah hadir dengan wujud yang sangat jauh berbeda dengan generasi terdahulunya. Perubahan penampilannya sangat total, mulai dari bagian eksterior yang sangat mengedepankan kesan sporty sekaligus menawarkan kemewahan. Bagian bonnet yang membulat yang berfungsi meningkatkan aerodinamika telah dapat sekaligus memberikan wajah depan yang lebih sporty. Grill depan dengan bentuk segi enam mampu menyatu dengan lampu depan yang desainnya tajam memanjang hingga kebagian fender samping juga memperkuat unsur sporty dan aerodinamika yang kian sempurna.
Lampu belakang pentagonal & Spion 15% lebih lebar
Bagian belakang dengan desain high deck trunk dan cut off tail juga membuat penampilan All New City semakin tegas dengan garis aerodinamika yang dapat mengurangi hambatan angin hingga meningkatkan performa berkendara dan berimbas juga pada efisiensi bahan bakar. Lampu belakang yang dibuat dengan desain pentagonal 3 dimensi juga mampu memberikan nilai kemewahan yang lebih dan meningkatkan keamanan saat berkendara di malam hari karena mampu merefleksikan cahaya dengan lebih sempurna. Unsur safety juga ditingkatkan lagi dengan desain kaca spion yang memiliki view lebih lebar 15% dari model sebelumnya dan juga telah dilengkapi lampu sein.

Kabin Berkonsep “Cozy Lounge”
Kabin Berkonsep “Cozy Lounge”

Dimensi Lebih Besar & Kabin Berkonsep “Cozy Lounge”
Kabin All New City memiliki kapasitas terlapang di kelasnya dan telah mengusung berbagai fitur untuk menambahkan nuansa mewah, aman dan nyaman bagi pengemudi ataupun penumpangnya. Pabrikan telah melengkapinya kabin All New City yang berdimensi:
- panjang 4.395 mm (lebih panjang 5 mm dari model sebelumnya),
- lebar 1.695 mm (lebih lebar 5 mm dari model sebelumnya) dan
- tinggi 1.470 mm (lebih rendah 15 mm dari model sebelumnya)
- leg room lebih luas yang bertambah sebanyak 25 mm dari pendahulunya
Reclining Seat sebagai WOW feature
Dengan tambahan fitur seperti Reclining Seat (yang membuat kursi belakang dapat direbahkan lebih kebelakang) menjadikan All New City sebagai sedan pertama di kelasnya yang menawarkan luxury sampai sedemikian jauh. *(Fitur Reclining Seat hanya terdapat pada All New City tipe Reclining)
Pilar A lebih tipis 14 mm, Kaca Belakang Lebih Lebar, Multi Information Display
Visibility pengemudi pada All New City juga semakin baik dibandingkan dengan model sebelumnya, karena pilar A telah dibuat lebih tipis 14 mm serta sudah tidak terdapat lagi quarter window. Pandangan ke belakang pun kian luas dengan adanya kaca belakang yang lebih lebar dengan kursi belakang yang menggunakan retractable head rest. Informasi digital kendaraan untuk pengemudi All New City juga telah dilengkapi meter cluster untuk mengetahui odometer, tripmeter dan rata-rata konsumsi bahan bakar serta perliraan sisa jarak jelajah dengan kaca berbahan acrylic untuk meningkatkan kesan mewah.
Bagasi Besar dan Extra Containers Dalam Kabin
Bagasi All New City juga memiliki kapasitas hingga 506 liter berdasarkan pengukuran VDA dan ini adalah ukuran yang sangat besar untuk sedan di kelasnya. Selain itu kabin juga telah dilengkapi Glove Box ukuran besar, side box pada pintu depan, back seat pocket pada belakang bangku depan, penyimpan ponsel, armrest dengan konsol box, under seat storage hingga 7 buah cup holder.
Audio System Canggih
Kenyamanan berkendara pada All New City juga semakin bertambah, karena telah dilengkapi audio system dengan head unit 2 Din yang memungkinkan untuk memutar lagu dalam format MP3, WMA, WAV, sedangkan untuk All New City tipe Reclining dilengkapi head unit dengan fitur USB dan koneksi AUX sebagai tambahannya, sehingga kabin All New City lebih atraktif.
Mesin 1.5 Liter Generasi Baru
Kekuatan All New City didukung dengan mesin i-VTEC 1.5 L SOHC,  4 silinder dengan 16 katup yang telah merupakan penggabungan performa mesi VTEC, Torque Boos Resonator dan Drive By Wire (DBW) sehingga memiliki performa yang lebih mumpuni dengan efisiensi BBM tingkat tinggi. Kekuatan mesin ini telah memiliki tenaga yang meningkat 10 PS dari mesin Honda City generasi sebelumnya hingga menjadi 120 PS (HP) pada putaran 6.600 rpm dan 14kgm dengan torsi pada 4.800 rpm. Tingkat emisi mesin All New City juga telah memiliki standarisasi Euro 4 yang telah melebihi standar emisi Euro 2 yang ditetapkan di Indonesia.
Dengan mesin ini menjadikan tenaga All New City sangat besar namun memilki tingkat emisi yang lebih ramah terhadap lingkungan berkat pembakaran pada mesin yang lebih sempurna, sehingga gas CO dan HC+NOx yang merupakan jenis polutan telah berhasil dikurangi secara signifikan. Mesin All New City juga menggunakan dual air-fuel ratio control yang bekerja dengan Linear Air-Fuel Ratio (LAF) sensor dan sebuah sensor O2, sehingga pencampuran udara dan BBM lebih presisi.
Fitur Transmisi: Automatic 5 Speed Grade Logic Control
Performa berkendara All New City didukung dengan sistem transmisi otomatis 5 percepatan dengan fitur Grade Logic Control agar kinerja tranmisi lebih optimal. Sistem ini bekerja ersamaan dengan Active Lock Up System, yang berfungsi untuk memberikan jeda waktu pergantian gigi yang menjadi lebih pendek serta akselerasi yang semakin cepat untuk mengurangi hentakan saat perpindahan gigi. Teknologi lainnya adalah adanya Shift Hold Control, yaitu sistem pengaturan perpindahan transmisi secara komputerisasi. Sistem ini mampu membuat mobil dapat melaju dengan lebih lincah dan mulus, terutama pada jalan yang berbelok
Safety Feature: ABS/EBD/BA/SRS/G-CON/ACE/dll…
All New City telah termasuk salah satu mobil dengan tingkat keamanan tertinggi di kelas mini sedan. Berbagai perangkat keamanan telah diaplikasikan dalam All New City, seperti teknologi ABS (Antilock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution dan BA (Brake Assist) serta Neck Shock Mitigation Seat, Seat Belt dengan Pretensioner dan load limiter, dual SRS Airbags. Struktur body G-CON yang dipadukan dengan teknologi Advance Compactibility Engineering (ACE) yang telah diuji melalui uji tabrak (Crash Test) menyeluruh di Real World Crash Test Facility Honda di Tochigi Jepang.
Rancangan struktur pedestrian safety body juga diterapkan pada All New City untuk meminimalkan cedera pada pejalan kaki jika terjadi tabrakan. Fitur keamanan lainnya yang ada adalah adanya Immobilizer Anti-Theft System dan Security Alarm.
——— Summary ——–
Mesin:
1.5 L I-Vtec SOHC 120ps Euro 4 Silinder, 16 Katup dan teknologi Drive By Wire serta Torque Boost Resonator
Kompresi 10,4:1
Daya Maksimum KW(ps)/rpm : 88(120)/6.600
Momen Puntir Kg-m(Nm)/rpm : 14,8/4.800
Dimensi Baru VS Lama: City 2008 & City 2006
Panjang 4.395mm (+5mm)
Lebar 1.695mm (+5mm)
tinggi 1.470mm  (-15mm)
kaki-Kaki:
Ban: 175/65 R15 dan 185/55 R16
Velg: Alloy 15′ x 5 1/2 J dan 16′ x 6 J
Rem ABS/EBD/BA: Ventilated Disc (depan), Disc (belakang)
Suspensi: Machperson Strut (depan), H-Shape Torsion Beam (belakang)
Sistem Audio :
Type S   : JVC KW-XG706H 2 Din, Single Disc, MP3/WMA/USB/AUX/iPod ready
Type RS : Kenwood DPX MP5110U 2 Din, Single Disc, MP3/WMA/WAV/USB/AUX/iPod/Illumination Display/SRS WOW effect
Sabuk pengaman:
Depan: 3 point ELR x 2
Belakang: 3 point ELR x2 + 2 point ELR x 1
Fitur & Keterangan Lain:
Neck shock mitigation seat
Key and lamp sound indicator
Radius Putar: 5 meter
Kapasitas Tangki: 42 liter
Berat kosong: 1.095 Kg – 1.155 Kg

Hindari Masalah Kopling Selip

•December 5, 2008 • Leave a Comment
Setiap pengemudi kendaraan bermotor, baik itu roda empat maupun roda dua, bisa dipastikan mengenal istilah kopling (Clutch). Peranti kopling sangat penting dan pasti ada dalam setiap mesin mobil baik yang bertransmisi manual ataupun otomatis. Karena fungsi dari kopling itu sendiri secara awam adalah sebagai penyambung tenaga mesin ke transmisi penggerak roda sehingga mobil mampu bergerak.

Bedanya, pada kendaraan bertransmisi manual, pengemudi harus menginjak pedal kopling untuk dapat memindahkan gigi transmisi dan melepasnya kembali agar mobil bergerak maju ataupun mundur, sedangkan yang bertransmisi otomatis kopling akan bekerja secara otomatis. Kopling secara umum terdiri dari beberapa komponen, yaitu Rumah Kopling (Clutch Housing), Per Kopling (Spring Clutch) dan yang paling populer karena dapat menipis akibat pemakaian adalah Kanvas Kopling (Clutch Facing). Pelat kopling adalah ujung tombak yang berhubungan dengan flywheel atau roda gila yang akan mengalirkan tenaga ke transmisi mobil.
Kanvas-kanvas kopling pada mesin yang menyala akan saling bergesekan pada saat transmisi bekerja menggerakkan mobil, dari gesekan tersebut lama-kelamaan akan dapat membuat kanvas kopling menipis (Aus). Bila kanvas kopling telah aus maka akan terjadi selip pada kopling dan tanda-tandanya umumnya baik mobil transmisi manual ataupun matik adalah seperti :
  1. Tenaga mesin mobil terasa berkurang, terutama ketika menanjak.
  2. Antara RPM mesin dan kecepatan tidak sebanding, contohnya seperti putaran mesin tinggi namun laju mobil seperti tertahan
  3. Perpindahan gigi tranmisi terasa keras dan kasar, untuk transmisi matik terasa kasar pada saat perpindahan transmisi dari D ke P atau sebaliknya.
Jika telah merasakan hal seperti ini, sebaiknya segera lakukan penggantian kanvas kopling agar tidak terjadi keusakan komponen lain dari kopling. Karena jika dipaksakan terus menerus juga akan berakibat mesin jadi boros BBM serta yang paling fatal mobil sama sekali tidak dapat berjalan.
3 Cara Agar Kopling Awet
Menipisnya kanvas kopling tidak bisa ditentukan secara pasti, karena keawetan masa pakainya tergantung dari berbagai hal. Berikut SO akan memberi informasi bagaimana agar kanvas kopling lebih awet :
  1. Jangan menggunakan setengah kopling saat macet dijalan menanjak untuk menahan mobil agar tidak mundur ataupun kebiasaan terlalu lama menginjak pedal kopling. Biasakanlah menggunakan bantuan rem tangan untuk menahan agar mobil tidak mundur disertai dengan posisi gigi netral dan segera lepaskan pedal kopling setelah melakukan perpindahan gigi khususnya pada transmisi manual.
  2. Pilih dan gunakanlah oli yang berkualitas serta rajin menggantinya secara berkala. Untuk mobil matic, disarankan mengganti oli transmisi setiap 5.000 kilometer (km), bersamaan dengan penggantian oli mesin. Lalu, setiap 20.000 km dianjurkan oli dikuras dan diganti baru, diikuti dengan penggantian filter oli transmisi. Hal ini untuk mengeluarkan serpihan-serpihan serbuk halus akibat kanvas kopling yang saling bergesekan.
  3. Pada mobil transmisi manual, biasakanlah melakukan perpindahan transmisi dengan sedikit menurunkan putaran (rpm) mesin. Pada mesin otomatis, biasakanlah memberhentikan dulu mobil sebelum melakukan perpindahan tranmisi dari D ke P ataupun sebaliknya. Perpindahan persneling dari D (Maju) ke P (Mundur) ataupun sebaliknya yang terburu-buru hingga tidak menunggu hingga roda berhenti berputar, bisa berakibat terjadi benturan yang keras pada bagian transmisi karena keadaan yang tidak tepat serta menyebabkan kanvas kopling bergesekan keras sehingga cepat terkikis.

Mendeteksi penyakit mesin dari busi

•June 23, 2008 • Leave a Comment
Perangkat pemercik api ini ternyata bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi mesin dengan memperhatikan warna ujung elektroda.
Bila berwarna abu-abu terang atau coklat kemerahan, anda tenang saja karena berarti mesin berada dalam kondisi fit baik itu kondisi mesin, waktu pengapian dan setting mesin.
Bila ujung insulator, eletroda dan busi tertutup jelaga hitam serta sisa pembakaran yang halus dan kering, sebaiknya anda segera memeriksa mekanisme cuk,saringan udara dan kalau perlu mengganti busi. Kemungkinan ada yang tidak pas dengan onderdil-onderdil itu. Kalau diabaikan maka konsumsi bahan bakar akan boros, asap berwarna hitam dan sukar start saat mesin dingin.
Warna ujung insulator yang kuning agak coklat muda dan mungkin muncul warna hijau biasanya menunjukkan kemungkinan bensin atau oli yang tercemar air atau aditif yang kurang cocok. Akibatnya, mesin loyo, lamban berakselerasi, terengah-engah dan knalpot meledak-ledak.
Jadi rajin-rajinlah membersihkan dan merawat busi. Karena busi yang terawat akan mendukung mesin bekerja dengan baik. Bersihkan busi setiap 2,500 km dan gantilah bila telah menempuh 20,000 km

4 langkah memperbaiki pengendalian (Handling)mobil

•June 23, 2008 • Leave a Comment
Mengganti ban dengan yang lebih besar memang bisa memperbaiki pengendalian (Handling) mobil anda. Tapi apakah hanya itu saja? Ikuti langkah dibawah ini untuk mendapatkan pengendalian yang sempurna.
Ban:
Langkah pertama yang dilakukan untuk meningkatkan pengendalian adalah mengganti ban dengan diameter yang lebih besar. Inilah cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Pilihlah kombinasi ban dan peleg yang paling optimal. Karena setiap pengantian ban dan peleg akan mempengaruhi tingkat pengendalian.
Mengganti shock:
Bila kurang puas hanya dengan memperbesar ukuran ban, langkah kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti shock dan spring dengan ukuran lebih pendek. Prinsipnya, semakin rendah kendaraan, semakin baik pengendaliannya. Bisa dengan menggunakan racing spring yang umumnya lebih pendek dan lebih kuat. Agar lebih yahud, gabungkan dengan performance shock yang bisa diatur tinggi rendahnya serta kualitas peredamnya.
Pemasangan anti-roll bars:
Ada orang yang masih belum puas hanya dengan mengganti ban dan shock saja. Langkah selanjutnya yang akan di lakukannya adalah memasang anti-roll bar. Prinsip kerja alat yang dipasang di sistem suspensi roda depan ini, adalah menyeimbangkan perbedaan beban disalah satu ban ketika mobil menikung. Manfaatnya memperkecil resiko mobil terguling dan penumpang tidak akan merasa terlempar ketika mobil menikung dalam kecepatan tinggi.
Perangkat ini banyak tersedia di pasar dengan berbagai model dan harga. Akan sangat bermanfaat bagi mereka yang gemar menekan pedal gas-nya dalam-dalam.
Mengganti Bushing:
Untuk golongan orang yang menuntut pengendalian sempurna, maka penggantian seluruh komponen suspensi mutlak dilakukan termasuk mengganti bushing. Bushing adalah komponen vital pada sistem suspensi. Biasanya terbuat dari karet. Bila terlalu lama bisa menjadi terlalu lentur dan akan mengurangi tingkat pengendalian.
Sebagai pengganti karet yang terlalu lentur, kini dijual bushing yang terbuat dari polyurethane, bahan sintetis yang mempunyai sifat mirip karet namun lebih tahan lama. Bushing ini banyak dijual dipasaran. Penggantian bushing pada seluruh sistem suspensi akan memperbaiki tingkat pengendalian mobil dan mengurangi kemungkinan mobil terguling.

Menjual mobil anda dengan harga terbaik

•June 23, 2008 • Leave a Comment
Bila anda menjual mobil, atau ingin tukar tambah, tip dibawah ini akan membantu anda mendapatkan harga terbaik.
Persiapkan mobil anda.
Kunci mendapatkan harga yang baik adalah menciptakan kesan mobil anda terawat baik di benak pembeli. Begitu pembeli terkesan, maka kekurangan yang ada di mobil, bisa terabaikan. Lebih-lebih bila larinya mulus dan penampilan menarik.
Maka rapikan seluruh mobil hingga bagian terkecil. Kalau perlu keluarkan beberapa puluh ribu rupiah untuk mempercantik penampilan mobil anda.
Mobil harus di cuci. Terserah di halaman rumah atau di salon mobil. Jangan abaikan bagasi dan panel-panel di bawah kap mesin. Poles body agar mengkilap. Gunakan pengkilap chrome untuk menghilangkan karat dan bercak-bercak dari trim, bumper, grill, dan tutup peleg.
Semir ban hingga tampak baru kembali. Atur kembali pedal rem agar tidak tenggelam. Bersihkan mesin dengan larutan pembersih. Kalau mesin sangat kotor, bisa dicuci dengan cara di steam (diuap). Ganti oli dan filter. Cek level radiator coolant, brake fluid dan cairan lain, tambah bila kurang.
Giliran bagasi di vacum dan dicuci bersih. Ganti alas bagasi yang rusak, harganya tidak mahal. Interior harus di bersihkan. Vacuum dan cuci semua pelapis. Bersihkan pula kotoran yang menempel di kursi. Kalau perlu beli cover seat untuk mempercantik kursi.
Kaca retak memberi kesan jelek. Padahal harganya tidak terlalu mahal bila memanfaatkan kaca yang bisa diperoleh di pasar loak. Selain kaca, pasar loak bisa menyediakan onderdil lain yang diperlukan dengan harga yang murah. Asal anda pandai menawar.
Usahakan untuk mengganti onderdil dan perlengkapan yang rusak. Terutama yang harganya tidak mahal. Kalau ada cacat yang tidak sempat diperbaiki, yakinkan pembeli bahwa harga yang ditawarkan sudah dipotong ongkos perbaikan.
Membuat iklan.
Rahasia mengiklankan mobil melalui iklan baris di koran adalah dengan menggunakan lebih banyak baris, agar lebih leluasa menyampaikan pesan kepada pembeli, dan bukan sekedar pengumuman jual mobil. Selain itu, iklan anda akan lebih mencolok daripada yang lain.
Diskripsikan mobil anda termasuk warna, interior dan eksteriornya. Ciptakan ungkapan kreatif yang berbeda dengan iklan baris lain agar menarik. Misalnya ungkapan “dirawat sangat teliti”.
Semakin detail iklan anda, semakin banyak perhatian akan diberikan. Cantumkan sistem transmisi yang digunakan atau bila kapasitas mesin kecil, tonjolkan efisiensi bahan bakarnya .
Jika anda pemilik pertama mobil, cantumkan di iklan. Itu akan menambah nilai mobil. Cantumkan pula option yang ada. Jangan sembarangan mencantumkan perbaikan atau modifikasi yang pernah dilakukan. Misalnya anda mencantumkan telah mengganti sistem tranmisi, pembaca iklan anda akan bertanya-tanya mengapa mobil yang relatif baru sudah mengganti sistem transmisinya. Dalam benak pembaca timbul kecurigaan jangan-jangan mobil ini digunakan dengan kasar. Sebaliknya, bila mobil yang akan dijual mobil lama, penggantian sistem transmisi justru memberi nilai tambah.
Jika mesin atau sistem tranmisi mobil baru anda diganti, katakan saja dengan kalimat ”mesin dan transmisi dalam kondisi puncak”. Kalimat semacam itu lebih aman dan tidak membohongi calon pembeli.
Dimana pasang iklan?
Gunakan iklan baris di koran atau di situs-situs mobil yang makin banyak di internet.
Tip menjual
Bila merencanakan menjual mobil sendiri, pastikan anda mengetahui harga pasar. Caranya, cek lewat dealer atau memperhatikan harga yang ditawarkan di iklan baris. Menayakan kepada dealer yang menjual mobil serupa. Pada akhirnya anda akan mendapatkan gambaran harga yang sesuai untuk mobil anda.
Ketika melakukan tawar menawar, bukalah dengan harga sedikit lebih tinggi dari yang anda harapkan, agar ada ruang untuk menurunkan harga. Bila perlu sedikit tambahkan bonus seperti asesoris.
Temanilah bila pembeli hendak melakukan test drive karena banyak kasus pencurian mobil terjadi dengan modus ini.
Bila sepakat, mintalah pembayaran dalam bentuk cash atau cek kontan. Bila tidak, anda bisa menahan mobil untuk beberapa hari dengan deposit yang cukup. Jalankan seluruh proses transaksi pada level bisnis.

Cek kondisi body mobil bekas

•June 23, 2008 • 1 Comment Cek body memang butuh ilmu tersendiri. Menemukan bekas kerusakan tidaklah mudah. Ditangan ahli-nya, kerusakan separah apapun dapat diperbaiki hingga mulus kembali. Lihat gambar 1 dan 2. Anda tidak akan menyangka itu adalah mobil yang sama, sebelum dan setelah mendapat perawatan body.
Di bawah ini ada tip sederhana yang dapat digunakan untuk mengecek kondisi body. Semoga bermanfaat.
1. Perhatikan garis body. Garis body seharusnya lurus. Mercedes ini belum pernah mengalami kecelakaan. Lihat pantulan mobil putih, terlihat sempurna, bukan. (gb 3). Nah, pakailah cara ini untuk memeriksa seluruh bagian mobil. Kalau kebetulan mobil kotor, mintalah pemiliknya untuk mencucinya. Jangan sungkan, karena anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari body yang kotor.
2. Sekarang perhatikan gambar 4. Pantulan di buritan tampak bergelombang. Ini bisa dijadikan tanda bahwa bagian ini pernah rusak dan diperbaiki.
3. Periksa celah antara fender, pintu, bagasi dan kap mesin. Seharusnya kerenggangan sepanjang celah sama. Bila celah bagian atas lebih lebar dari celah bagian bawah atau sebaliknya (gb5), ini bisa di indikasikan mobil pernah tertubruk di bagian itu. Perhatian ekstra harus diberikan saat memeriksa celah antara kap mesin dan fender, juga antara pintu dan fender karena daerah ini rawan benturan.
4. Carilah batas antara cat baru dan lama. Periksalah seluruh bagian dengan teliti. Apalagi bila tukang catnya mahir, dia bisa membuat batas itu nyaris tidak tampak. Jadi jangan terburu nafsu, teliti kembali seluruh bagian.
5. Ini adalah tanda lain yang bisa ditemukan, sisa pernis yang biasanya terjadi bila proses penghalusan dengan kertas gosok tidak dilakukan dengan sempurna. (gb6)
6. Periksa bagian belakang pintu, bawah kap mesin dan bagasi. Gb. 7 menunjukkan bekas cat baru yang tertinggal di selang karet di balik pintu. Coba carilah tanda seperti ini ditempat lain.
7. Sebenarnya, menyamakan cat baru dengan cat lama sangatlah sulit. Jadi cobalah untuk meneliti lebih seksama body mobil. Cobalah dari jarak dan sudut yang berbeda. Karena pada jarak tertentu atau sudut tertentu, perbedaan cat baru dan lama lebih jelas tampak (gb8). Bila anda mencurigai tempat itu adalah batas cat baru dan lama, cobalah untuk merasakan dengan ujung jari atau telapak tangan. Seharusnya cat benar-benar mulus. Bila tidak, berarti pernah di cat ulang.
8. Periksa karat. Inilah tempat dimana karat biasanya bersarang (gb 9 – 10). Selain itu cobalah untuk memeriksa di bawah karpet, bagasi. Kalau perlu, cobalah menggunakan magnet. Bila ternyata magnet susah lengket, bisa diduga lapisan filler dibawah cat cukup tebal. Ada kemungkinan bagian itu pernah diperbaiki.
9. Periksa kerangka mobil (gb 11). Kerangka mobil merupakan bagian yang menopang seluruh kendaraan. Periksalah seluruh bagian, jangan sampai ada bekas kerusakan apapun, seperti bekas las, retak dsb.
10. Cek apakah mobil ini pernah terendam air. Periksa bawah karpet. Bila lembab atau peleg dan bagian logam lain berkarat parah, bisa diduga mobil ini pernah tenggelam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar