Pages

Rabu, 31 Agustus 2011

Tips bikin Hemat Bahan Bakar

Menghemat bahan bakar dizaman seperti sekarang ini emang harus kita lakukan demi menyelamatkan Kantong kita,Bagi sobat bikers yang udah tau caranya pasti gampang dunx,Ok Bro langsung aja Yang pertama Sobat harus memeriksa sistem kabel pengapian karena kalo pengapian sobat bagus pasti motor bakalan irit,Cek semua soket soket nya jangan sampe ada yang kendur atau kabelnya terkelupas.Yang kedua bersihkan kerak yang menumpuk di knalpot motor sobat agar saluran buangnya berjalan lancar dan otomatis ikut memberi andil bahan bakar Irit dan jangan lupa Kerak di kepala sislinder ikut di bersihkan.Yang Ketiga Bersihkan karburator dari kotoran atau karat yang menempel di karburator dan ganti spuyer bila udah aus atau terkikis,Kemudian Setel ulang Karburator hingga langsamnya bener bener sempurna.Yang Keempat Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mesin karena dapat membuat Bensin terbuang percuma,Panaskan mesin seperlunya.OKe Bro demikian Tips sederhana ini dan semoga bermanfaat.
Baca Selengkapnya - Tips bikin Hemat Bahan Bakar

Selasa, 30 Agustus 2011

Cara bikin awet Piston kaliper

Piston kaliper Rem harus sering di bersihkan supaya kinerja dari Rem bisa maksimal,apalagi kalo motor sobat sering kena hujan pasti dech banyak kotoran yang menempel.Cara membersihkan piston kaliper memang rada susah,namun mencoba lebih baik dari pada tidak sama sekali,Oke Bro langsung aja.Pertama copot roda terlebih dahulu kemudian lepaskan Kampas Rem dari dudukannya,Nah piston kaliper sudah terlihat dan untuk mengeluarkannya gunakan kompressor,setelah piston kaliper keluar bersihkan kotoran serta karat dengan menggunakan amplas halus dan gosok dengan hati hati,kalo sudah pasang kembali,gampang khan Bro.
Baca Selengkapnya - Cara bikin awet Piston kaliper

Senin, 29 Agustus 2011

Ciri Oli Palsu

Sekarang ini sudah banyak sparepart motor yang aspal dan Oli termasuk salah satu yang sering di palsukan,untuk melihat atau membedakan Oli palsu selain dari bentuk fisik nya sobat bisa mencium dari bau oli tersebut,biasanya oli palsu berbau seperti minyak sayur atau terkadang baunya malah seperti minyak jelantah atau minyak bekas goreng ikan.makanya sobat kudu hati hati dalam membeli Oli,baik itu oli mesin maupun Oli persneling.
Baca Selengkapnya - Ciri Oli Palsu

Minggu, 28 Agustus 2011

Tips mengatasi Lampu sein melotot

Lampu sein melotot malah bikin repot karena lampu sein merupakan sinyal ke pengendara lain pada saat kita mau belok,berabe khan kalo sein kaga bisa ngedip.Untuk mengatasinya sobat bisa mengganti kapasitor Flasher dengan yang baru,oia kapasitor berfungsi untuk menampung dan membagi arus listrik sehingga kalo rusak dapat menyebabkan strum Los,makanya sein melotot terus.
Baca Selengkapnya - Tips mengatasi Lampu sein melotot

Sabtu, 27 Agustus 2011

Apa yang di maksud dengan Oversize

Oversize adalah suatu cara untuk memperbesar diameter lubang silinder,di lakukan biasanya pada saat kita mengganti seher atau piston.Oversize harus di lakukan jika dinding seher atau silinder mengalami baret sehingga menghasilkan suara kasar pada mesin dan membuat mesin ngempos,kalo sudah begini silahkan sobat bawa silinder dan seher baru ke tukang bubut untuk di korter.
Baca Selengkapnya - Apa yang di maksud dengan Oversize

Jumat, 26 Agustus 2011

Pengertian Silencer

Silencer di sebut juga peredam suara knalpot,selain itu silencer merupakan saluran pembuangan asap knalpot yang di hasilkan dari pembakaran.silencer bisa juga menambah atau menaikkan top speed motor dengan cara memodifikasinya sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan power mesin yang optimal.
Baca Selengkapnya - Pengertian Silencer

Kamis, 25 Agustus 2011

Bikin suara knalpot asik

Bagi sobat pemilik motor honda grand,pasti asik bin aneh kalo motor sobat mengeluarkan bunyi seriwingan atau bunyi suiiing.untuk membuatnya sobat cukup menyiapkan Duit logaman lalu getok uang logam tersebut ke ujung knalpot,ingat posisinya bukan menutup lubang knalpot,Ok Bro.
Baca Selengkapnya - Bikin suara knalpot asik

Cara buat Glitter murah

Glitter emang asik jika di lihat karena menimbulkan efek kerlap kerlip di Body motor,Cat glitter sudah tersedia di pasaran dari berbagai merk dan tentu saja harganya yang berbeda beda tiap merk.Nah bagi sobat bikers yang ingin membuat body motornya kerlap kerlip dengan biaya murah dapat memanfaatkan pecahan kaca,silahkan Sobat tumbuk sampe halus pecahan kaca tersebut lalu campurkan dengan pernis,kemudian semprotkan campuran tersebut secara merata di sekujur Body motor sobat dan beres dah.
Baca Selengkapnya - Cara buat Glitter murah

Rabu, 24 Agustus 2011

Tips bikin empuk sokbreker depan

Sokbreker empuk emang bikin asik,namun gimana caranya ya agar empuk.Bikin sokbreker depan empuk bisa di lakukan dengan cara memperbesar lubang sirkulasi di dalam sokbreker atau lebih di kenal dengan lubang insuline,Gunakan Bor untuk memperbesar lubang insuline ini dengan hati hati,Tapi ingat Bro lubangnya jangan sampe kegedean malah ntar sokbrekernya jadi ambrol bin amblas atau serahkan saja pengerjaannya ke bengkel spesialis,Ok Bro.
Baca Selengkapnya - Tips bikin empuk sokbreker depan

Selasa, 23 Agustus 2011

Cara mencegah Kepala Baut Slek

Kepala baut slek memang menyebalkan akibatnya untuk membuka baut baut tersebut susahnya minta ampun,Nah untuk mencegah agar kepala baut tidak slek Sobat bikers kudu membiasakan membuka atau mengencangkan baut dengan menggunakan Kunci Ring dalam kondisi apapun,di jamin kepala baut ga bakalan slek atau kemakan.
Baca Selengkapnya - Cara mencegah Kepala Baut Slek

Senin, 22 Agustus 2011

Tips mengurangi emisi Gas Buang

Mengurangi emisi gas buang merupakan suatu langkah yang bijaksana karena kita dapat mendukung program untuk melindungi Bumi dari Polusi yang di hasilkan dari asap kendaraan,Nah Sobat bisa memanfaatkan kotak saringan udara untuk membantu agar proses pembakaran berlangsung dengan sempurna,oia koq kotak udara bisa mengurangi emisi gas buang,begini ceritanya Bro,Di blok mesin terdapat nipel untuk membantu sirkulasi udara atau dengan kata lain Nipel itu merupakan tempat mesin bernapas sehingga uap uap dari panas mesin bisa di buang melalui nipel tersebut,ngerti Khan Bro.Nah biasanya untuk motor jenis tertentu nipel tersebut di hubungkan melalui selang menuju udara bebas,dan untuk menjaga agar emisi gas buang tidak kemana mana maka saluran dari selang nipel tersebut di alihkan atau di sambungkan ke kotak saringan udara dan efeknya tentu saja gas gas beracun yang keluar dari proses pembakaran di mesin tidak keluar ke udara bebas tetapi masuk ke kotak saringan udara tersebut.
Baca Selengkapnya - Tips mengurangi emisi Gas Buang

Minggu, 21 Agustus 2011

Tips meyimpan motor

Tips menyimpan motor dalam jangka waktu yang sangat lama di sarankan sebelum menyimpan motor sebaiknya motor tersebut di cuci dengan bersih kemudian di Lap sampe kering,Dan setelah itu copot Busi dari dudukannya kemudian masukkan sedikit oli ke silinder melalui lubang busi,hal ini untuk menjaga supaya Ring dan seher tidak macet sewaktu mesin nantinya akan di hidupkan dan pasang kembali Busi tersebut ke kepala silinder.
Baca Selengkapnya - Tips meyimpan motor

Sabtu, 20 Agustus 2011

Cara mengatasi setang bergetar

Setang motor bergetar di akibatkan oleh karet karet pemegang setang sudah koyak,bisa juga dari Bandul di pemberat setang di copot atau bisa juga karena kualitas setang kurang bagus,Nah untuk yang satu ini sobat kudu memeriksa daleman setang apakah bahannya padat atau tidak,jika daleman setangnya melompong alias tembus pandang itulah yang menyebabkan setang bergetar,Untuk mengatasinya sobat perlu mengisi daleman setang yang melompong tersebut dengan adukan semen dan pasir,masukkan adukkan tersebut ke daleman setang hingga rata,oia adukkan ini berfungsi untuk meredam sekaligus untuk menahan getaran,selamat Mencoba.
Baca Selengkapnya - Cara mengatasi setang bergetar

Jumat, 19 Agustus 2011

Kelebihan Aki kering

Kelebihan Aki kering di bandingkan dengan Aki yang menggunakan Air adalah Aki kering tidak memerlukan perawatan dan tidak perlu untuk memantau kondisi air aki tersebut,sobat bisa memakainya sampe aki tersebut Jebol alias tidak bisa di pakai lagi untuk kelistrikan.
Baca Selengkapnya - Kelebihan Aki kering

Kamis, 18 Agustus 2011

Deteksi Electric Starter Rusak

Pemilik motor jenis bebek memang di manjakan dengan keberadaan electric starter,Namun seiring penggunaanya dapat mengakibatkan electric starter rusak atau tidak berfungsi karena seringnya menggunakan Electric starter tersebut.Untuk mendeteksi kerusakannya Sobat bisa memencet tombol electric starter apakah ada bunyi cret cret cret atau bunyi cetak cetek lha,dan kalo bunyi tersebut ada berarti kerusakan pada arang dinamo starter,biasanya sudah Aus atau arangnya sudah tipis,Silahkan sobat ganti arang tersebut.
Baca Selengkapnya - Deteksi Electric Starter Rusak

Rabu, 17 Agustus 2011

Tips seusai mengganti knalpot racing

Ganti knalpot racing selain berguna untuk menambah penampilan juga dapat menaikkan top speed mesin,karena knalpot jenis ini tidak memiliki sekat untuk mengatur gas buang.banyak Bikers yang tidak memperhatikan hal hal sepele seusai ganti knalpot racing,misalnya tidak mengganti ukuran spuyer atau menyetting karburator ulang karena knalpot racing memerlukan suplai bahan bakar yang sangat tinggi,dan apabila kekurangan suplai bahan bakar maka mengakibatkan mesin ngempos,mesin panas dan yang paling parah bisa mengakibatkan Ring dan sehernya ikutan Jebol.Untuk itulah setting kembali karburator Sobat untuk menghindari hal tersebut.
Baca Selengkapnya - Tips seusai mengganti knalpot racing

Selasa, 16 Agustus 2011

Tentang Busi Racing

Busi Racing di buat agar dapat menghasilkan api yang besar serta tahan terhadap suhu yang sangat tinggi.Untuk motor motor standar Busi racing tidak di sarankan karena mengakibatkan mesin panas,lain halnya kalo motor sobat sudah di korek.Busi ini biasanya di jual dengan harga yang lumayan mahal dari pada busi standar karena kelebihannya yang sudah di sebutkan diatas,dan kebanyakan busi ini berjenis Iridium yang tahan panas dan sangat bagus untuk pembakaran.
Baca Selengkapnya - Tentang Busi Racing

Senin, 15 Agustus 2011

Kenapa Busi cepat Mati

Kalo kemarin saya telah memposting deteksi busi mati,nah kali ini saya akan mencoba menjelaskan kenapa busi motor cepat mati,Untuk Motor Dua Tak yang pertama adalah periksa kondisi pompa oli apakah masih berjalan dengan baik atau bagi sobat yang mencampur langsung Oli samping ke Tangki bensin takarannya harus sesuai,Dan yang kedua adalah periksa kondisi Sil magnet apakah tidak rusak,Oia Sil magnet ini berfungsi untuk menjaga agar Oli samping tidak ikut terbakar karena akibatnya busi akan cepat mati karena terkena Oli samping yang lolos dari Sil tersebut,Dan yang terakhir adalah jangan menggunakan Busi Aspal atau silahkan lihat di postingan sebelumnya tentang cara membedakan busi aspal.Nah kesemua yang di sebutkan di atas dapat menyebabkan Busi Motor cepat mati.
Baca Selengkapnya - Kenapa Busi cepat Mati

Minggu, 14 Agustus 2011

Cara mengatasi Drat Busi di kepala silinder Slek

Drat busi slek atau dol emang bikin pegel pemilik motor apalagi kalo motornya lagi mogok,walah bisa berabe tuch urusannya.Nah cara mengatasi drat busi di kepala silinder slek atau dol Sobat bisa langsung membawanya ke tukang Bubut untuk di Tap ulang dan pastikan sobat membawa Busi baru yang nantinya akan langsung di pasang di kepala silinder.
Baca Selengkapnya - Cara mengatasi Drat Busi di kepala silinder Slek

Sabtu, 13 Agustus 2011

Tips membersihkan kerak di kepala silinder

Kerak di kepala silinder harus sering di bersihkan apalagi untuk motor jenis dua tak atau dua langkah.Kerak kerak ini sangat mengganggu kinerja mesin karena dapat membuat tarikan mesin menjadi berat bahkan yang lebih parah motor tetap hidup walaupun kunci kontak sudah di offkan,wah bisa di embat maling tuch.nah untuk membersihkan kerak di kepala silinder untuk motor dua tak caranya dengan membuka empat baut kepala silinder dan sobat bisa langsung mengerok kerak tersebut dengan menggunakan amplas yang sangat halus,gosok dengan arah searah supaya tidak menggores kepala silinder tersebut,setelah Rebes pasang kembali dan rasakan tarikan mesin,lebih enteng khan.
Baca Selengkapnya - Tips membersihkan kerak di kepala silinder

Jumat, 12 Agustus 2011

Tips membersihkan kolong mesin

Membersihkan kolong mesin merupakan bagian yang paling sulit karena posisinya yang susah di jangkau,Namun sobat bisa mengikuti cara yang sering di lakukan oleh tempat tempat pencucian motor,yaitu dengan mengganjal setang dengan alat semacam meja atau bangku kecil dan pastikan keran bensin pada posisi tertutup untuk menjaga karburator tidak banjir dan jangan lupa tutup bensin harus benar benar rapat agar bensin tidak tumpah kemana mana,Sobat bisa menggunakan Kuas yang di bikin dari Bambu untuk merontokkan semua kotoran yang keras dan membandel,Gunakan juga air yang di campur dengan sabun cuci agar pembersihan bisa maksimal,OK BRo selamat bebersih Ria.
Baca Selengkapnya - Tips membersihkan kolong mesin

Kamis, 11 Agustus 2011

Tips mencuci Karburator

Kalo sobat bikers lagi iseng silahkan untuk bebersih daleman karburator dari pada sobat Bengong,Untuk mencuci atau membersihkan karburator Sobat bisa menggunakan Bensin agar semua kotorannya ikut terangkat serta tidak mudah membuat Karburator karatan,Dan jangan gunakan air atau minyak tanah karena di khawatirkan dapat membuat Karburator berkarat dan bisa juga membuat kotoran nantinya akan mengendap di dalam karburator.
Baca Selengkapnya - Tips mencuci Karburator

Rabu, 10 Agustus 2011

Tips membuat rangka motor aman dari karatan

Rangka atau sasis sangat sensitif bila terkena air yang mengandung garam atau asam,contohnya sobat bikers yang tinggal di sekitar daerah pantai atau laut tentu saja harus selalu mencuci dan mengelap motor bila terkena air asin dari laut tersebut.Air hujan dapat mengakibatkan Karat di rangka motor bila di biarkan terus atau tidak di cuci dengan air bersih,Makanya sobat bikers kudu sering mencuci motor bila abis kehujanan.
Baca Selengkapnya - Tips membuat rangka motor aman dari karatan

Selasa, 09 Agustus 2011

Cara memotong kepala silinder

Memotong kepala silinder atau cylinder head berguna untuk menaikkan kompressi sehingga bisa menaikkan Top Speed,namun banyak bikers yang kebablasan atau asal dalam memotong kepala silinder,akibatnya mesin cepat panas dan bahkan membuat seher jebol akibat kepentok kepala silinder.Untuk motor harian sebaiknya pemotongan tidak lebih dari Nol koma Lima Mili agar aman dan seher tidak mentok kepala silinder.
Baca Selengkapnya - Cara memotong kepala silinder

Senin, 08 Agustus 2011

Tips Darurat Aki Ala Neo Karimun Club Bandung


JAKARTA - Asyiknya jadi member klub yang punya jaringan banyak. Sehingga permasalahan mobil bisa didiskusikan dengan sesama pemilik yang berbeda wilayah lewat forum dunia maya. Seperti diceritakan pengala­man Ridwan Wijaya dari Neo Karimun Club Bandung (NKCB) yang pernah bermasalah dengan sumber kelistrikan alias aki.

Permasalahan dimulai setelah selesai beraktivitas sekitar jam tujuh malam. Pria yang berkantor di kawasan Padalarang, Jabar ini mengalami kesulitan menghidupkan mesin. "Tiba-tiba tidak mau di-start, pasti akinya nih," dugaan awal pemilik Suzuki Karimun Estilo lansiran 2007 ini.

Karena usia aki memang sudah hampir genap empat tahun sejak mobil dibeli dari baru dan belum pernah diganti. Sebagai informasi, aki bawaan standar Karimun Estilo punya tipe NS40 berdaya 32 Ampere. Pengakuan pemangku jabatan bendahara di NKCB ini, sebelumnya gejala demikian kerap terjadi, namun mesin masih bisa dihidupkan.
Solusi pertama yang ditempuh yakni mencabut kedua kepala aki, lalu membersihkan kedua kutubnya, positif dan negatif, kemudian dipasangkan kembali (Gbr.1). Hasilnya tidak mengalami perubahan karena daya aki sudah benar-benar habis. Terpaksa opsi memancing mesin untuk dihidupkan dengan cara mobil didorong berhasil mengantarnya sampai rumah.

Mengingat hari sudah malam dan semua toko aki sudah tutup, Ridwan teringat suatu tips darurat hasil diskusi dengan sesama pemilik Karimun di forum mailing list (milis) khusus Suzuki Karimun. Tujuannya agar keesokannya hari mesin dapat dihidupkan kembali. Langkah pertama setelah tiba di garasi rumah, matikan berbagai peralatan elektrik seperti lampu, AC dan head-unit (Gbr.2).

Biarkan mesin menyala dalam kondisi idle selama kurang lebih satu menit. Sebelum dimatikan, pastikan kipas atau fan pendingin radiator tidak sedang dalam keadaan aktif. Bisa dideteksi melalui suaranya yang sedang berputar. Injak pedal gas sedikit saja hingga mesin menderu pelan baru kemudian langsung matikan lewat kunci kontak (Gbr.3).
"Saya mengusahakan penggunaan elektrik seminim mungkin saat itu, untuk mengunci pintu pun saya lakukan manual, tidak pakai alarm sesuai saran dari teman-teman di milis," jelas pemukim kawasan Cimahi, Jabar ini. Nah di pagi hari esoknya, mesin dengan mudah dihidupkan tanpa kendala.

Namun Ridwan mengingatkan tips demikian paling tidak hanya untuk digunakan dalam kondisi darurat seperti yang dialaminya. Untuk penggunaan selanjutnya, penggantian aki baru mutlak dilakukan. Pria berkacamata ini juga menyarankan untuk melepas kedua kutub kabel aki jika mobil jarang digunakan atau disimpan dalam waktu yang lama.

Semoga bermanfaat.     (mobil.otomotifnet.com)

NKCB: Suzuki_Karimun@yahoogroups.com
Baca Selengkapnya - Tips Darurat Aki Ala Neo Karimun Club Bandung

Apa itu Venturi

Venturi merupakan ruang sempit di karburator,fungsinya adalah untuk menyuplai campuran bensin dan udara agar masuk ke ruang bakar,Dan biasanya untuk kepentingan Balapan Venturi ini di perbesar dengan tujuan memperlancar aliran bahan bakar dan udara sehingga menghasilkan power mesin yang lebih baik.
Baca Selengkapnya - Apa itu Venturi

Minggu, 07 Agustus 2011

Safety Riding

Safety riding wajib di lakukan sobat bikers demi keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.gunakan semua atribut yang di anjurkan seperti memakai helm maupun menaati peraturan lalu lintas yang berlaku,dan dengan cara ini sobat bikers dapat berkendara dengan aman sampe tujuan.
Baca Selengkapnya - Safety Riding

Sabtu, 06 Agustus 2011

Kelebihan CDI di Banding Platina

Kelebihan Cdi di bandingkan dengan platina adalah tidak perlu di lakukan penyetelan seperti Platina yang kudu rajin menyetelnya,kelebihan lain CDI adalah dapat memperpanjang umur Busi karena suplai listrik yang konstan,selain itu juga CDI menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna,demikianlah kelebihan CDI di banding Platina.
Baca Selengkapnya - Kelebihan CDI di Banding Platina

Jumat, 05 Agustus 2011

Cara buat Sokbreker depan ceper

Cara untuk membuat sokbreker depan ceper bisa di lakukan dengan cara menurunkan jepitan klem sokbreker,cara ini merupakan cara yang sederhana dan paling mudah di lakukan oleh Bikers mania,namun bila cepernya di rasa kurang sobat bikers bisa memotong ulir daleman sokbreker atau mengganjalnya dengan Ring tebal,silahkan mencoba.
Baca Selengkapnya - Cara buat Sokbreker depan ceper

Kamis, 04 Agustus 2011

Tips Hemat ganti kabel kopling

Ganti kabel kopling Ori emang rada mahal,mendingan sobat bikers menggantinya dengan kabel kopling vespa di jamin murah meriah tapi berfungsi dengan baik,seperti kabel aslinya.Sobat bikers cukup beli kabel kopling vespa dan jangan lupa sekalian ama nepelnya buat menjepit ujung kabel kopling,selamat mencoba.
Baca Selengkapnya - Tips Hemat ganti kabel kopling

Rabu, 03 Agustus 2011

Cara setel klep

Cara setel klep sebaiknya di lakukan oleh ahlinya,sebab kalo salah bisa mengakibatkan mesin kaga mau hidup atau bisa juga malah amburadul,tetapi kalo sobat bikers mau nyoba sendiri ya Gpp lagi.pertama sobat kudu membuka tutup setelan di blok mesin dan biasanya menggunakan Obeng Min gede,setelah tutupnya Kebuka sobat kudu memutar magnet pada posisi Top kompresi atau bisa di lihat dengan cara menarik ulur Kedua Pelatuk Klep dan pastikan keduanya bisa di goyangkan,Silahkan sobat menyetel klep dengan memutar batang penyetelnya sesuai ukuran standar motor sobat.
Baca Selengkapnya - Cara setel klep

Selasa, 02 Agustus 2011

Menghilangkan bunyi Srok vespa

Bunyi srok pada vespa di akibatkan oleh Bos kuningan yang sudah Oblak,makanya bunyi tersebut muncul.Sobat bikers bisa mengakalinya dengan cara mematenkan bos tersebut dengan tatakan kopling,gunakan palu dan obeng min untuk mematenkannya.
Baca Selengkapnya - Menghilangkan bunyi Srok vespa

Senin, 01 Agustus 2011

Tps mengatasi banjir pada karburator

Karburator banjir di sebabkan oleh jarum dan pelampungnya sudah aus,coba periksa jarum pelampung tersebut apakah terdapat lingkaran,bila ada maka di pastikan jarum tersebut mengalami keausan atau sudah layak ganti.Untuk pelampungnya Sobat bikers bisa memeriksakan pelampung tersebut apakah sudah keras atau getas karena pelampung berfungsi untuk menutup atau membuka saluran bensin melalui jarum pelampungnya,Kalo ini sobat bikers bisa mengakalinya dengan cara mengganjal pelampung tersebut dengan plat tipis bekas minuman kaleng,kemudian selipkan Plat tersebut di dudukan jarum pelampung maka pelampung bisa bekerja kembali alias karburator engga banjir lagi,Selamat mencoba.
Baca Selengkapnya - Tps mengatasi banjir pada karburator